Wednesday, August 7, 2019

Google Webmaster Conference Bali 2019

"Seberapa sering sih kalian buka Google?"


Pertanyaan ini dilontarkan oleh Aldrich saat membuka Google Webmaster Conference Bali di Hotel Grand Mega Resort, Selasa, 6 Agustus 2019 kemarin. Saya jadi berpikir kalau setiap hari begitu bergantung dengan Google sejak baru bangun hingga sebelum tidur. Dari mencari lokasi money changer terdekat hingga nomor telepon pemadam kebakaran terdekat saat gudang kayu tetangga kami hangus beberapa minggu lalu. 

Ada berapa banyak yang juga seperti saya? Dalam presentasi pagi itu disebutkan bahwa dari 143 juta pengguna internet di Indonesia, 74% menggunakan Google Search! Awalnya, saya yang awam ini berpikir bahwa angka tersebut ya hanya angka yang besar saja, titik. Namun dari #wmcbali ini saya baru sadar bahwa angka tersebut juga berarti peluang bisnis yang sangat besar sampai-sampai Google membuat acara ini.
Sesi Diskusi Panel Google Webmaster Conference Bali 2019
Sesi Diskusi Panel #wmcbali
Webmaster Conference adalah kumpulan pemilik situs web, webmaster, dan pengembang web di Indonesia. Berinteraksi dengan praktisi SEO dan mendengar update terbaru dan web optimasi praktik terbaik dari tim Google Search. - sumber
Too much information? Hold on a second.

Jadi kemarin saya ikut #wmcbali ya sesimpel karena melihat tweet Google Indonesia.


Jujur saya, saya tidak tahu apa itu webmaster apalagi SEO. Cuma ya, karena sedang senggang, jadi saya pikir tidak ada salahnya untuk mendaftar. Eh, ternyata pendaftarannya dikonfirmasi meskipun pada kolom isian saya menulis bahwa saya newbie dan hanya ingin datang untuk melihat-lihat.

Singkatnya, dalam acara ini tim Google Search memberikan informasi mengenai update terbaru Google seperti bagaimana cara kerja Google Search saat ini sehingga para pemilik/pengembang web dapat memaksimalkan eksistensi website mereka. Hal ini sangat berguna misalnya bagi para agensi online marketing atau pengelola situs web hotel/tour di Bali.

Lalu bagaimana untuk saya yang hanya menulis blog galau dan tidak tahu apa apa soal optimasi web ini?

Meskipun banyak sekali hal teknis yang tidak saya pahami, acara ini insightful sekali. Mereka menjelaskan bagaimana cara kerja mesin pencari Google yaitu dari crawling (merangkak dari satu laman/link ke laman/link lain), kemudian indexing (hal-hal yang ditemukan dan relevan dengan pencarian kita), hingga akhirnya menampilakan informasi yang berguna untuk kita. Saat melakukan pencarian, Google bot sangat bergantung pada text yang ada pada laman tersebut. Jika kita ingin berada di laman pertama hasil pencarian (yang berarti lebih besar kemungkinan di-klik oleh pengguna dan berarti pemasukan untuk adsense atau kemungkinan konversi menjadi transaksi dan sebagainya), banyak sekali hal yang harus diperhatikan!

1. Konten, Konten, dan Konten
Apa yang mau ditampilkan kalau tidak ada konten? Itu yang pertama sih. Tim Google Search juga menjelaskan bahwa sebaiknya konten dibuat se-berguna mungkin untuk pengguna. Untuk kata kunci yang digunakan juga tidak usah lebay karena sekarang google bot sudah dapat mengenali sinonim kata. Pasti pernah kan tidak sengaja masuk ke web dengan kata kata sinonimnya diulang berkali-kali? Nah, kata kunci tersebut juga tidak usah diulang sejuta kali. Sebaiknya tulisan/konten dibuat ya senatural mungkin. Selain itu, panjang/pendek artikel juga tidak berpengaruh. 

Kita juga bisa menganalisis kata kunci apa sih yang banyak digunakan sebelum masuk ke laman kita melalui Google Search Console. Jadi kita bisa mengembangkan tulisan dengan queries seperti contoh di bawah ini.

contoh tampilan queries google search console
Tampilan Queries Google Search Console
Hal yang tidak kalah penting untuk diperhatikan yaitu deskripsi dari post kita karena itu akan mementukan apakah user akan meng-klik laman kita atau tidak dan juga memudahkan mesin pencari untuk mengetahui keberadaan laman kita. Ini yang saya belum paham, bagaimana menuliskan metadata deskripsi. Hehehehe.

2. Optimasi Gambar dan Video
Ternyata, gambar dan video bisa diberi tag/caption dan metadata deskripsi untuk memudahkan mesin pencari mengenalinya. Untuk kamu yang punya banyak gambar berguna dan ingin dimunculkan mesin pencari, ada baiknya memberikan 'penanda' pada gambar kamu mulai dari caption, metadata, hingga judul filenya dengan deskripsi yang detail namun ringkas. Misalnya kamu punya foto nasi goreng ati ampela, google search gak akan tahu itu nasi goreng ayam atau pete atau ati ampela kecuali kamu tulis. Hal yang sama juga berlaku untuk video.

3. Kecepatan Web
Berhubung ini cukup teknikal, yang saya tangkap agak terbatas. Intinya, google search akan merekomendasikan situs web dengan kecepatan yang tinggi (parameternya berapa? saya lupa angkanya). Pemilik web harus memastikan waktu yang diperlukan user untuk masuk ke laman webnya cukup singkat dengan memperhatikan berat html, javascript, css, font, gambar dan sejenisnya. Ada satu tools yang kemarin ditunjukan untuk mensimulasikan kecepatan web berdasarkan budget berat laman. Tapi lagi lagi saya lupa. Maaf yaaaa huhu

4. Keamanan Web
Keamanan web juga menjadi salah satu faktor rekomendasi google untuk laman web. Jadi diharapkan pemilik web mulai migrasi ke https untuk keamanan. Selain itu, untuk situs statis seperti company profil juga ada baiknya pindah ke https untuk meningkatkan citra. Jujur, saya juga belum paham gimana caranya migrate. Will do learn dan migrate this site soon!

Not Secure
5. Link
Sama seperti menulis essay, orang tidak akan percaya kalau kita tidak merujuk sumber dengan otoritas yang lebih tinggi. Jadi kalau kita menulis artikel ada baiknya juga menampilkan sumber yang dikutip atau dirujuk dengan menyertakan linknya. Google juga bekerja dengan menyururi satu link ke link lain. Jadi, kalau link kita tersambung ke otoritas link yang lebih tinggi makan kemungkinan untuk naik peringkat juga lebih besar.
Duh, waktu sesi ini saya sudah lumayan tidak konsentrasi jadi nangkepnya segini aja.

6. Knowledge Box
Jika namamu/bisnismu cukup sering dicari di google dan informasi yang tersedia cukup banyak, kamu akan punya knowledge panel seperti ini di laman pencarian google. Jika sudah punya, kita bisa claim dan mulai posting/edit isi dalam post. Ini akan berguna sekali terutama untuk bisnis karena bisa meningkatkan citra brand dan juga bisa lebih mengoptimalkan pencarian di google.
Knowledge Panel Baskara Putra
Kurang lebih sekian yang saya pelajari dari #wmcbali kemarin. Tapi di luar itu, karena melihat Ci Rika dan Aldrich (dan juga Pak Alex pada masa magang saya di W4C) yang merupakan penutur aktif bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, saya jadi berpikir kalau sebenarnya besar sekali potensi kita sebagai orang Indonesia. Indonesia adalah pasar yang sangat besar, kita sebagai orang Indonesia tahu persis pasar kita seperti apa. Akan menguntungkan sekali kalau kita bisa memanfaatkan ini dengan baik, dengan apa yang kita tahu dari dunia luar juga, seperti Google misalnya. Tiba tiba saya mengurungkan mimpi untuk tinggal di New York hahahah.

Oh ya, untuk yang ingin juga datang ke Webmaster Conference Google di Jakarta bulan November nanti, bisa daftar di sini: https://events.withgoogle.com/wmcjakarta/

Semoga tulisan ini bermanfaat! :)

topi goodiebag google webmaster conference bali
Topi dari #wmcbali

No comments:

Post a Comment