Tuesday, February 16, 2016

Tentang #NewmontBootcamp

Definition of Bootcamp form Merriam-Webster Dictionary
Bootcamp yang ini beda, gak seseram kedua definisi di atas kok. Newmont Sustainable Mining Bootcamp diselenggarakan oleh PT. Newmont Nusa Tenggara (PTNNT) dengan tujuan untuk lebih 'memasyarakatkan' tambang. Tambang selama ini dipenuhi dengan stigma negatif karena kurangnya informasi aktual yang diterima masyarakat luas. Dengan tujuan tadi, perusahaan tambang tembaga di Kabupaten Sumbawa Barat ini mengundang berbagai kalangan masyarakat untuk menyaksikan langsung apa yang sebenarnya mereka kerjakan di Batu Hijau Site dan bagaimana pengelolaannya baik dari aspek operasional tambang, pengelolaan lingkungan, dan hubungan dengan masyarakat sekitar.

Saya berkesempatan untuk mengikuti #NewmontBootcamp batch 5 dari tanggal 14-22 Februari mendatang. Selama 7 (+2, hari pertama dan terakhir tidak dihitung karena tidak ada kegiatan, hanya perjalanan menuju Sumbawa dan kembali ke kota asal masing-masing) hari tersebut, para peserta diajak untuk melihat berbagai hal terkait tambang Batu Hijau. Hari ini adalah hari pertama kami. 

Seluruh transportasi dan akomodasi ditanggung oleh perusahaan. Namun yang sangat penting harus diketahui bahwa para peserta tidak dibayar, mereka hanya diharapkan untuk dapat membagi pengalamannya kepada orang-orang. Peserta juga dibebaskan untuk mem-post hal apapun yang mereka temukan di sini. Baik maupun buruk. Saya pribadi sebagai peserta sih dengan senang hati membagikan pengalaman karena menurut saya berbagi hal informatif itu baik. Dan jujur saja foto-foto yang diambil disini terlalu irresistible buat gak dipost di instagram hehehe. 

Tertarik? Lebih baik sih langsung cek di website PTNNT, atau follow akun sosial media mereka di twitter, facebook, dan instagram

Saya saking pinginnya ikut kegiatan ini sampai nungguin sekitar setahunan hehe. Akhirnya kesampaian juga.


Sumbawa, 15 Februari 2015

Kadek Dwika Y.

P.S. tulisan ini dibuat sebagai penjelasan singkat atas tulisan-tulisan saya selanjutnya yang tentang #NewmontBootcamp

No comments:

Post a Comment